OPERASI DASAR KOMPUTER DAN PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI

Desember 29, 2008 ayurina

Dalam bidang teknologi informasi, komputer merupakan alat yang dapat menyajikan informasi. Informasi merupakan haasil proses dari data yang diinput. Input yang dikenal oleh komputer adalah bilangan 0 dan 1 sebagai bilangan biner. Di dalam prosesor, dilakukan pemrosesan data baik penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan dan sebagainya.

1.1 Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Sesuai dengan Prosedur

A. Macam Port SistemUnit(Console)

Satu unit komputer terdiri dari CPU, monitor, keyboard, dan mouse. CPU merupakan sistem unit atau console yang memiliki beberapa port. Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau dengan unit (device) lain. Pada umumnya, port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboar, mouse, modem, dan periferal lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis port :

· Port serial,è port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick, dan modem eksternal Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada suatu saat melalui kabel tunggal.

· Port paralel,è port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnyayang memiliki kabel untuk port paralel..

· PS/2,è port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Untuk port keyboard berwarna ungu dan untuk port mouseberwarna hijau.

· USB (Universal Serial Bus),è port ini merupakan port multifungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat, separti mouse,keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainnyaJumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi kesebuah kontroler USB maksimal 127 buah.

B. Perangkat Pendukung Komputer

Untuk menghidupkan dan mematikan komputer, terdapat beberapa prosedur yang perlu diperhatikan. Ada beberapa peralata – peralatan tambahan yang dibutuhkan, yaitu :

· Instalasi listrik yang baik: Instalasi listrik akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna komputer.kabel power yang digunakan untuk komputer harus benar – benar baik dan tahan terhadap panas.

· Stabilizer :Alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk kedalam power supply komputer.

· Uninteruptible power supply (USP):Alat ini sebagai cadangan power (battery) apabila lampu padam. UPS dapat menyimpan power sekitar 3-5 jam sehingga kita dapat melanjutkan pekerjaan.

· Air conditioner (AC):AC sangat bermanfaat untuk mengurangi panas yang berlebihan dari komputer. Teritama laboraturium yang memiliki beberapa komputer,perlu menggunakan AC.

C. Prosedur Untuk Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Menghidupkan dan mematikan komputer adl hal yang sangat penting agar komputer dapat selalu berfungsi dengan baik. Berikut adalah prosedur menghidupkan dan mematikan komputer dengan sistem operasi Windows XP.

1. Menghidupkan Komputer

· Periksa kabel power apakah sudah tersambung pada UPS dan stabilizer dihubungkan dengan listrik.

· Periksa keyboard, mouse, dan monitor apakah sudah tersambung pada port-nya masing-masing.

· Periksa disket (Floppy Disk) pada floppy drive A.

· Tekan power UPS dan stasbilizer, kemudian tekan power pada CPU dan monitor.

· Setelah booting selesai akan tampil desktop

2. Mematikan Komputer

· Klik start pada taskbar.- Klik turn off.

1.2 Perangkat Lunak Dalam Sistem Informasi

A. Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak

Komputer memproses data menjadi suatu informasi yang berguna bagi penggunanya. Sebelum menjadi informasi, data tersebut diproses melalui perangkat keras dengan menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak adl program yang berisi instruktur untuk melakukan proses pengolahan data.Dalam teori, hierarki informasi disusun mulai dari pengumpulan data / fakta. Informasi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan).

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE \* MERGEFORMAT <![endif]–>

Pengolahan Data

Data

informasi

Pengetahuan

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> <![endif]–>

Perangkat keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak, begitu pula sebaliknya. Perangkat tersebut saling berketerkaitan sehingga dapat berfungsi dengan baik. Kelompok – kelompok bit sudah disusun ke dalam struktur instruksi, seperti : penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini diubah menjadi kode yang dikenal sebagai assembler (bahasa mesin).

Berdasarkan perkembangannya, perangkat lunak dibagi menjadi beberapa era, yaitu :

· Era pemula (pionir)è Bentuk perangkat lunak pada awalnya adl sambungan kabel ke antarbagian daalm komputer. Cara mengakses komputer adl menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi.

· Era stabil è Pada ini penggunaan komputer sudah banyak digunakan tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.

· Era mikroè Selain berkembangnya informasi dan semakin luasnya jaringan komputer, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya.

· Era modernè Perangkat lunak sudah terdapat dimana – mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesor-nya, sebuah komputer genggampun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC.

B. Macam – Macam Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau software terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

1. Sistem operasi (Operating System) 2. Program aplikasi (Application Programs)

3. Bahasa pemrograman (Progarmming Language) 4.Program bantu (Utility)

1.Sistem operasi (Operating System)

Sistem operasi adl program awal yang mengendalikan sistem kerja komputer yang mendasar yaitu mengatur kerja input, proses dan output termasuk mengatur memori dan jadwal kerja prosesor. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antar manusia idengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.

Bebrapa contoh sistem operasi adalah sebagai berikut :

a. IBM-DOS (IBM – Disk Operating System) b. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System)

c. Microsoft Windows d. OS /2

e. OS /400 f. Linux

g. Unix h. Sun Microsystem

2. Program Aplikasi

Progaram aplikasi adalah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Berdasarkan kebutuhan-kebutuhan tersebut maka program aplikasi dibagi menjadi:

a. Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah data, contohnya WordStar, Word Perfect, ChiWriter, dan Microsoft Word.

b. Spreadsheet adalah aplikasi yang berorientasi pada pengelolahan angka, contohnya: Lotus, Super Calc, Quattro, Symphony, dan Microsoft Exel.

c. Presentasi adalah aplikasi yang berorientasi untuk mempresentasikan makalah, contohnya Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash.

d. Database adalah aplikasi yang berorintasi pada pengolahan data, contohnya dBase III+, Fox Base, Foxpro, Microsoft Access. Aplikasi ini membantu kita dalam mengatur data, misalnya data siswa, data penjualan, pembelian, persediaan barang.

e. Desktop Publishing adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolahan gambar (desain gafis), contohnya, Ventura, Page Maker, CorelDraw, dan Photoshop. Aplikasi ini banyak digunakan dalam dunnia percetakan.

f. Multimedia adalah aplikasi yang dapat digunakan dengan beberapa media baik melalui, PDA, handphone, dan peralatan teknologi lainnya seperti: Winamp, Real Player, dan Media Player.

g. Internet adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam mencari aplikasi informasi dan komunikasi melalui jaringan internet, seperti Internet Explorer, Mozila Fire Fox, Chat dan Messenger.

h. CAD (Computer Aid Design) aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan konstruksi mesin ataupun bangunan, contohnya AutoCAD. Software AutoCAD bisa digunakan oleh para arsitek, drafter, siswa

3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa pemrograman adl software yang digunakan dan berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa dengan aturan atau prosedur tertentu. Ada tiga level tingkat bahasa pemrograman :

a. Bahasa tingkat rendah, bahasa ini disebut dengan bahasa mesin. Yang termasuk kedalam bahasa mesin ini adl Machine Language, Qassembly Language, dan RPG yaitu program untuk mendesain laporan.

b. Bahasa tingkat tinggi, Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yaqng mudah untuk dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contohnya adalah BASIC, COBOL.

c.Bahasa generasi keempat (4 GL), Bahasa pemrograman 4 GL Ini ,merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut dengan Object Oriented Programming (OOP). Software bahasa 4 GL diantaranya Visual Basic, Delphi, Visual C++.

4. Program Bantu (Utility)

Software ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain. Software ini diantaranya adl sebagai berikut :

a. Norton Utility è Norton Commander merupakan utility dalam mengelola file yang memberikan kemudahan dalam mengopi file, membuat folder atau directory, mengganti nama file. Norton Disk Doctor, software utility dapat membantu mengecek harddisk/ disk yang rusak. & memindah sector yang rusak untuk tidak diulangi lagi.

b. Winzipè Aplikasi ini sangat berguna untuk mengkompres file. Mengkompres adl mengubah ukuran file yang besar menjadi kecil.

c. Norton Gost è Aplikasi ini membantu kita untuk membackup harddisk secara keseluruhan termasuk software sistem operasi dan aplikasi dan membackup partisi.

d. Antivirusè Merupakan software utility atau yang membantu untuk memberikan keamanan komputer terhadap serangan virus.

C. Perangkat Lunak Untuk Keamanan Komputer

Untuk meningkatkan keamanan komputer dari serangan virus maupun hacker diperlukan perangkat lunak, seperti antivirus dan firewall. Virus adl sebuah program yang menyusup dan dapat berkembang biak dengan sendirinya dalam media penyimpanan komputer.

Dampak yang ditimbulkan oleh serangan virus adalah :

1. menghabiskan ruang dan memori penyimpanan,

2. mengganggu kinerja memori sehingga aktifasi memori terlambat,

3. merusak file-file yang terdapat dalam komputer, dan

4. merusak perangkat keras komputer dalam jangka waktu yang lama.

Ada beberapa cara yang daapt digunakan untuk menghindari serangan virus adalah:

1. memberikan proteksi komputer dengan antivirus

2. melakukan update antivirus dan databasenya

3. berhati-hati dengan file kiriman atau hasil download.

4. melakukan backup data secara rutin

1.3 Penggunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Sistem Operasi

A. Melihat Informasi Tentang Sistem Komputer

Setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagai contohsistem operasi Windows dan Linux. Sistem operasi yang andal adl sisitem operasi yang mampu memecahkan masalah dalam pengelolaan informasi, dapat menyesuaikan dengan segala macam hardwaredan periferal, serta menyediakan lingkungan bersahabat (user friendly).

Berikut ini adalah langkah untuk melihat tampilan informasi sistem komputer:

è Klik menu start. èArahkan pointer,mouse pada all programs

èArahkan pointer mouse pada accecories èArah kan poiter mouse pada system tools

èKlik sistem information

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Desember 2008
S S R K J S M
    Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
 
%d blogger menyukai ini: